Sabtu, 06 Juni 2020

Tombol Kembali Pada Android Q Akan Dihilangkan dan Digantikan dengan Gesture


Semenjak awal kedatangan Android, handphone yang mengangkat OS ini mempunyai beberapa tombol navigasi baik itu virtual atau fisik. Sesaat iPhone dengan iOS tidak sediakan tombol navigasi fisik lain kecuali tombol home. Itu ketidaksamaan paling penting dari ke-2 OS itu untuk berhubungan, walau sekarang ke-2 OS sudah sama-sama memberikan dukungan beberapa jenis tipe gesture untuk navigasi.


Kelihatannya Google merencanakan untuk menyederhanakan Android selanjutnya sebab semasa pertemuan pengembang Google I/O 2019, perusahaan sudah mengutarakan jika mereka akan mematikan tombol kembali lagi di Android Q untuk memberikan dukungan navigasi gesture atau pergerakan. Ini bermakna jika untuk kembali lagi, semua yang perlu dilaksanakan pemakai ialah menggesek dari pinggir hp mereka.

Ini jelas semakin intuitif dibanding dengan memencet tombol serta harus mendapatkan sisi bawah hp. Disamping itu, navigasi pergerakan di Android tidak seutuhnya baru. Perusahaan seperti Huawei serta Xiaomi sudah menerapkannya ke antarmuka EMUI serta MIUI punya mereka. Sebab gesture itu akan ada pada Android Q, bermakna handphone Piksel akan datang akan mengangkatnya untuk bawaan, seperti Piksel 3a serta 3a XL yang akan selekasnya dipublikasikan serta Piksel 4 mendatang diakhir tahun ini.

Untuk sekarang ini, Android Q belum dikeluarkan serta masih juga dalam versus beta yang bermakna versus final Android Q belum ada untuk sekarang ini. Diinginkan Android Q versus final akan dikeluarkan akhir tahun ini, tapi disamping itu, Google sudah memberitahukan jika beta untuk Android Q bisa dibuka pada beberapa brand handset, dengan catatan jika skema belum juga prima.